Sabtu, 11 April 2015

Makalah Jenis dan Ragam ICT Berbasis Elektrolit dan Internet







 Makalah
Jenis dan Ragam ICT 
Berbasis Elektronik dan Internet



 


 Nama Kelompok 3

                                                                                                                       


No
Nama
Nim
Kelas
1
Eva Nurfadillah
1449040006
14.3/C
2
A.Qusfaitil Awan
1449040015
3
Anugrah Isminnah
1449042006
4
Ismayanti Muis
1449042028


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2015


                                                                                                                      

BAB I
 
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang

Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) atau secara internasional dikenal dengan istilah ICT ( Information and Communication Technology ) sangat penting di era globalisasi saat ini. Penggunaan komputer untuk mengakses, mengolah, dan menyajikan informasi, baik secara individu maupun kelompok, intra network ( intranet ) maupun internasional network ( internet ), merupakan kebutuhan primer di era digital. Survey di Amerika Serikat memperlihatkan bahwa pelajar, termasuk mahapelajar, di era abad 21 ini ini memperlihatkan perubahan sikap.
        Hal ini merupakan salah satu faktor yang mengharuskan pengembangan ICT dalam dunia pendidikan di Indonesia. Agar kualitas sumber daya manusia Indonesia yang merupakan produk dari pendidikan itu semakin baik dan dapat bersaing dalam dunia yang berbasiskan teknologi. Oleh sebab itu Depertemen Pendidikan Nasional melalui PUSTEKKOM melakukan pengembangan terus menerus terhadap ICT untuk dunia pendidikan di Negara kita ini. Untuk melihat hal ini lebih luas lagi, maka dalam makalah ini akan dibahas tentang penggunaan ICT dalam dunia pembelajaran di Indonesia.





B.  Rumusan Masalah
1. Mengetahui tentang Jenis ICT berbasis elektronik ?
2. Mengetahui tentang jenis ICT berbasis Internet ?
3. Memahami  tentang ragam ICT berbasis elektronik ?
4. Memahami tentang ragam ICT berbsis internet ?

C.TUJUAN PENULISAN
 1. Mengetahui Jenis dan Ragam ICT berbasis INTERNET
2. Mengetahui jenis dan ragam ICT berbasis Elektronik
3. Mengetahui pengertian ICT












BAB II
PEMBAHASAN

A.    Jenis ICT berbasis elektronik

Istilah ICT berasal dari Bahasa Inggris Information Comunication Technology yang berarti Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), makna tersebut dapat diartikan sebagai alat informasi yang disebut dengan TI, dan TK sendiri sebagai alat komunikasi. Sehingga dangari gabun TI dan TK terciptalah TIK yang berarti segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi.
ICT dalam pembelajaran yang berbasis internet biasanya menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) beserta aplikasinya, seperti : perangka computer yang tersambung dengan jaringan internet, LCD/proyektor, CD pembelajaran, televisi, bahkan menggunakan web atau situs-situs tertentu dalam internet.
Dalam pembelajaran berbasis ICT. Selain dukungan perangkat keras dan perangkat lunak, dukungan koneksi berbasis web atau internet sangat diperlukan, hal inilah membuat guru dan siswa tidk bertatap muka secara langsung, dengan adanya jaringan internet seseorang dapat mengakses apa saja dengan melakukan browsing dengan server yang tesedia.
Model pembelajaran berbasis elektronik atau biasa disebut dengan E-Learning merupakan suatu kegiatan dimana memanfaatkan jaringan internet sebagai acuan ineraksi, dan berkomunikasi serta berbagai bentuk layanan yang lainnya.

Adapun fungsi dari sebuah pembelajaran elektronik yaitu :
a. sebagai suplemen pembelajaran yang sifatnya pilihan/opsional
b. sebagai perlenkapan (komplemen) pembelajaran
c. sebagai pengganti atau substitusi pembelajaran.

Dari fungsi pembelajaran Elektronik tersebut maka manfaat pembelajaran yang di dapat melalui berbagai pihak di antaranya :
a.       Bagi Guru
     mempermudah guru dalam memberikan bahan ajar kepada siswanya baik secara teori maupun implementasinya
b.      Bagi Siswa
  kegiatan pembelajaran E-leaning tersebut membuat siswa semakin berkembang secara optimal dengan bahan ajar yang telah siswa dapat
c.       Bagi Sekolah
 Di sekolah tersedia bahan ajar yang sesuai dengan bidang setiap guru yang /dapat digunakan dengan mudah serta efisien.

Dari manfaat yang di peroleh terdapat kelemahan pembelajaran elektronik yaitu :
-          Tatap muka secara lagsung antara siswa dengan guru sangatlah minim
-          Peluang siswa dalam berinteraksi antara siswa yang lainnya sangat terbatas.

B.     Jenis ICT berbasis internet
Jenis ICT berbasis internet biasa disebut dengan web karena dalam bahan ajar yang disiapkan dimanfaatkan dengan media web. Bahan ajar sering juga disebut dengan bahan ajar online. Karakteristik berbasis web yakni :
-          Menyajikan, mengolah, menyimpan informasi atau file
-          Hyperlink
Karena bahan ajar yang sifatnya online terdapat tiga karakteristik utama yang paling menonjol dar bahan ajar online tersebut adalah hyperlink. Hyperlink suatu subyek yang sumber belajarnya sangat kaya karena dengan adanya hyperlink tersebut. Seperti dengan search engine, google, google chrome, sangat membantu dalam mencari subyek atau bahan yang dapat dijadikan sebuah link.
Dengan memanfaatkan internet, kita akan dengan sangat mudah memperoleh berbagai informasi dan bahan elajar yang diperlukan. Sumber belajar yang ada di belahan duna ini sangatlah kaya selama kita memahami sumber bahasaya, kita tidak bisa mendapatkan apa-apa kalau tidak ada yang menyediakan bahan ajar yang disebut dengan web.

C.     Ragam ICT Berbasis Elektronik
1.      interactive multimedia instructional (IMMI)
seperti: media teks (papan tulis), audio, video.
2.      E-Media
E-Media atau elektronik media adalah media belajar yang dikemas dalam bentuk CD ROM Interaktif,  E-Media akan dapat menggali kemampuan individual siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa, dengan adanya elektronik media, menjadi semakin kreatif.
3.      E-Learning.  
E-learning atau elektronik learning merupakan sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik dan salah satu media yang digunakan adalah jaringan computer (intranet atau internet). Dengan dikembangkannya  jaringan komputer memungkinkan untuk dikembangkan dalam bentuk berbasis web.
4.      Digital Library
5.      Komunitas berbasis Web (Forum, Milis), yaitu: komunitas guru, komunita siswa, komunitas orang tua
Fungsi dari ragam ICT berbasis elektronik adalah membuat sesorang termotivasi terkhusus dengan bahan-bahan yag didaptkan oleh seorang anak. Dan bagaimana orang tua dapat membedakan dan perlu secara teliti dalam memilih sebuah bahan.




D.    Ragam ICT Berbasis Internet

Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh pebelajar untuk memudahkan proses belajarnya sehingga mencapai tujuan belajarnya secara efektif dan efisien.

Dari segi kemunculannya, sumber belajar dapat dibedakan menjadi dua macam, yakni :

1.  sumber belajar yang sengaja dirancang atau dibuat secara khusus untuk pembelajaran ( learning resources by design ).
     Contoh :  buku, ensilkopedi, kamus, materi - materi pembelajaran dalam bentuk multimedia (film, video, animasi, slide, software pembelajaran berbantuan komputer (ICT) ), dan situs - situs e- learning)
2. sumber belajar yang tidak dirancang atau dibuat secara khusus untuk pembelajaran namun dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran (learning resources by utilization).
media pembelajaran baru berbasis ICT (komputer, CD, DVD, video interaktif, Internet, sistem multimedia, konferensi video, dll.)
Teknologi ICT memungkinkan pemanfaatan fungsi berbagai media pembelajaran dengan menggunakan satu alat yang disebut multimedia .
Multimedia  mampu menyampaikan informasi dan materi pembelajaran dalam bentuk teks, gambar, suara, animasi, film, bahkan interaksi. Komputer adalah salah satu alat multimedia, karena komputer mampu menyajikan informasi dan materi pembelajaran dalam semua bentuk,
Melalui multimedia, konsep - konsep abstrak dapat disajikan secara lebih nyata dalam proses pembelajaran untuk memudahkan mahasiswa memahaminya.
Berdasarkan kegunaan dan cara pemakaiannya,
multimedia pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi dua yakni:
1. multimedia presentasi 
2. multimedia belajar mandiri.


 Sumber lain menyebutkan beberapa ragam ICT diantaranya sebagai berikut :
                                                                             
1. Teknologi Komputer
2. Teknologi multimedia
3. Teknologi telekomunikasi
4. Teknologi jaringan computer
























DAFTAR PUSTAKA






.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar